Dari Blauran ke Megaproyek Properti - Dinamika Kalimantan
Headlines News :

Dari Blauran ke Megaproyek Properti

Written By Dinamika Kalimantan on Kamis, 08 November 2012 | 21.32

Dari Blauran ke Megaproyek Properti
H. Norhin

Dari Blauran ke Megaproyek Properti


SUKSES di bisnis megaproyek perumahan, Direktur PT Pribumi Citra Megah Utama ini, tak lantas  'lupa  diri'. Dia justru banyak mengulas masa lalunya sebagai pedagang konveksi kecil di Pasar Kujajing Banjarmasin. Termasuk cita- citanya sebagai guru yang kandas, lantaran keasyikan berdagang.
Pria kelahiran Amuntai  5 Oktober 1964 yang menghabiskan masa kecil dan remaja di Anjir Serapat KM 11,5 Kabupaten Kapuas, Kalteng, ini  juga mengaku 'hasil' yang dia dapatkan sekarang, bukan diraih dengan mudah dan tanpa cobaan. Atau tanpa 'orang terba ik' yang pernah dikenalnya.
H Norhin, demikian pria ini biasa disapa,  mengaku sempat menimba ilmu di sekolah Pendidikan Guru Atas (PGA) Mulawarman Banjarmasin, sebelum terjun ke dunia bisnis konveksi, yang ikut membesarkan namanya.
Selain di Pasar Kujajing, pria berpenampilan  sederhana tersebut juga sempat merasakan pahit - manis jadi pedagang kecil di Pasar Blauran Banjarmasin.
Menurut ayah dari 7 orang putra tersebut,  karier bisnisnya di bidang konveksi sedikit beranjak membaik ketika salah seorang tokoh pedagang di Pasar Kujajing, H Taimi (Almarhum), mengajaknya pergi ke Jakarta pada medio tahun 1977.
Awalnya sebut Pak Haji, panggilan akrab H Norhin, dia agak ragu mendapatkan ajakan pergi ke Jakarta. Namun berkat desakan H Taimi (Alm), yang kala itu melihat dirinya sangat berbakat di bisnis konveksi, di samping selalu memegang kejujuran dalam berdagang, maka Norhin muda nekad berangkat ke Jakarta, dengan modal cuma Rp3 juta di tangan.
 ''Uang sebesar Rp3 juta itulah, yang menjadi modal saya menapak di dunia bisnis,'' tukasnya mengulas, saat ditemui Dinamika Kalimantan di kantornya di Citra Graha di Jalan A Yani Km 18 Banjarbaru, baru - baru tadi.
Dengan menumpang KM Kelimutu menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dia pun akhirnya sampai ke Jakarta bersama H Taimi (Alm), usai menempuh perjalanan darat dengan Kereta Api (KA) 'Gaya Baru'.
Di tempat tujuan, pusat perdagangan konveksi terbesar di Jakarta, yakni Tanah Abang, H Norhin pun kala itu langsung diperkenalkan satu per satu dengan pedagang besar konveksi oleh H Taimi (Alm).
Malah, yang tak pernah dia lupakan, H Taimi (Alm) setiap menemui pedagang langganannya selalu berucap, ''Ini anak ku (maksudnya H Norhin, red), bila dia datang lagi kesini tolong dilayani dengan baik, dan kalau perlu {{dihutangi}}. Aku jaminannya,'' ungkap Pak Haji menirukan ucapan H Taimi (Alm) kala itu.
Dari keberaniannya ke Jakarta itulah, yang kemudian membawa nama H Norhin menjadi salah seorang pedagang konveksi besar di Pasar Kujajing.
Namun baru saja sukses, ujian dari Allah SWT tiba - tiba menimpanya. Pasar Kujajing mendadak dilalap si 'jago merah', hingga aset ratusan juta rupiah ludes seketika dilalap api.
Kesedihan pemilik Kota Citra Graha di Jalan A Yani Km 18 Banjarbaru inipun bertambah, lantaran saat itu juga dia masih memiliki hutang sebesar Rp60 juga dengan pedagang di Pasar Tanah Abang Jakarta. ''Terus terang saya sempat  {{shock}} kala itu,'' ucap H Norhin.
Tapi pertolongan Allah SWT segera menghampirinya, sebab tak lama kemudian sejumlah pedagang di Tanah Abang tiba - tiba menelpon dengan memintanya datang ke Jakarta untuk mengambil modal dagangan, dan tanpa harus membayar seperser pun.
Berkat kepercayaan besar pedagang dari Tanah Abang itulah,H Norhin kembali terlihat menjajakan dagangan di penampungan pedagang Pasar Kujajing.  ''Nah, setelah 7 bulan kemudian di pasar penampungan, hutang sebesar Rp60 juta dapat saya lunasi, dan saya sudah punya modal kembali dalam berdagang,'' kenang Pak Haji.
{[Pioner Sasirangan]}
Selengkapnya silakan liat di epaper.....
Share this article :
Disclaimer: Artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami dengan memberikan komentar yang bijak di bawah ini.

1 komentar:

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : Husna Gallery | Lentera Pengetahuan
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dinamika Kalimantan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template